Pendampingan Pengembangan Buku Suplemen Bermuatan Keunggulan Lokal NTT Bagi Guru Bahasa Indonesia

Metropoly Merlin J. Liubana, Maria Rosalinda Talan, Rince Jalla Wabang

Abstract


Pendidikan berbasis keunggulan lokal sebenarnya telah lama direkomendasikan oleh pemerintah. Namun pada kenyataannya, peluang tersebut tidak serius dijalankan. Salah satu faktor penyebabnya, guru terpaku menggunakan buku Bahasa Indonesia yang bersifat global sehingga kurang mewakili konteks dinamika sosial, budaya, dan ekonomi peserta didik di daerahnya. Dengan demikian tim pengabdi bermaksud melakukan pendampingan pengembangan buku suplemen bermuatan keunggulan lokal NTT bagi guru-guru Bahasa Indonesia SMP se-Kecamatan Insana Tengah agar nantinya bisa diaplikasikan dalam proses belajar mengajar. Pengabdian ini bertujuan untuk membekali pengetahuan dan keterampilan  kepada guru-guru tentang pengembangan buku suplemen Bahasa Indonesia yang bermuatan keunggulan lokal NTT. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab dan pelatihan praktik. Hasil yang dicapai adalah guru-guru telah memperoleh pengetahuan tentang pengembangan buku suplemen. Hal ini didukung dengan unjuk keterampilan guru-guru dalam mengembangkan buku suplemen yang termasuk dalam kategori sangat layak untuk aspek isi, bahasa, dan penyajian, serta layak untuk aspek kegrafikaan. Dengan demikian secara umum dapat dikatakan bahwa buku suplemen yang dikembangkan oleh guru-guru sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan memiliki nilai kebermanfaatan bagi guru dan peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Asmani, Jamal Ma’mur. 2012. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Jokjakarta: Diva

Baharuddin dan Wahyuni. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruz

Basuki, Tony. 2012. “Mengeksplorasi Komoditas Pertanian Unggulan NTT”. http://ntt.litbang.pertanian.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=224:mengeksplorasi-komoditas-pertanian-unggulan-ntt-&catid=4:info-aktual&Itemid=5. Diakses pada tanggal 4 Juni 2019

Kemendikbud. 2014. Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. 2016. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMA/MA/SMK/MAK). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khalid, Idham. 2015. “Ini Tiga Industri di NTT yang Bakal Dikembangkan”. https://finance.detik.com/industri/d-2935633/ini-tiga-industri-unggulan-di-ntt-yang-bakal-dikembangkan. Diakses pada tanggal 4 Juni 2019

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sitepu. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya

Talan, Maria Rosalinda. 2018. “Pengembangan Buku Suplemen Teks Negosiasi bermuatan Kearifan Lokal Timor dengan Pendekatan Content Language Integrative Learning”. Teori dan Praktik. Volume 3 Nomor 1.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Proresif. Surabaya: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.54314/jpstm.v1i2.720

Article Metrics

Abstract view : 15 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.