RANCANG BANGUN SISTEM PENJERNIH AIR OTOMATISPADA AQUARIUM BERBASIS ARDUINO

Riki Andri Yusda

Abstract


Akuarium air tawar banyak diminati oleh masyarakat karena memiliki daya tarik sendiri. Ketika harus meninggalkan rumah dalam waktu yang lama masyarakat yang memiliki kegemaran terhadap ikan hias di akuarium dan memiliki kesibukan cukup padat akan merasa kesulitan dalam merawat ikan. Terkadang padatnya kesibukan membuat kita sulit untuk melakukan pemeliharaan baik dari jernihnya air dan juga dari segi penerangan di aquarium. Alat ini menggunakan hardware berupa mikrokontroller ATMEGA 8535 sebagai pengontrol utama. Pembuangan dan pengisian air dikendalikan oleh pompa air yang berjalan berdasarkan ketinggian air yang diterima sensor ultrasonic SRF04. Sistem penjernih air dan penerangan aquarium secara otomatis merupakan suatu kebutuhan tambahan bagi orang yang memelihara ikan hias. Dari pengujian sistem yang dilakukan didapat hasil dimana sistem penjernih air berhasil dengan tingkat keberhasilan yang cukup tinggi, sehingga sistem ini menjamin kondisi air di aquarium akan selalu dalam keadaan bersih.


Full Text:

PDF

References


Winoto, Ardi. 2010. Mikrokontroler AVR ATmega8/32/16/8535 dan Pemogramannya dengan Bahasa C pada WinAVR. Bandung: Informatika.

Bejo, Agus. 2008. Rahasia Kemudahan Bahasa C Dalam Mikrokontroller 8535. Bandung: Graha Ilmu.

Setiawan, afrie. 2011. Aplikasi mikrokontroler ATmega 16 mengunakan BASCOM-AVR. Yogyakarta : Andi OFFSET

Afrie Setiawan. 2011 Mikrokontroler Attiny 2313 Menggunakan Bascom- Avr.Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Bagus hari sasongko. 2010 Pemograman Mikrokontroler dengan bahasa C. Yogyakarta.Andi.

Zaki M.H 2005 Cara Mudah Belajar Merangkai Elektronika Dasar. Yogyakarta: Absolute Jogja.

F. Suryanto dan Dedy Rusmadi, (1984), Pengetahuan Dasar Komputer, Jakarta: RinekaCipta Jakarta.

Tim Lab Mikroprocesssor Elektronika (LAMEL). 2006, Pemrograman Mikrokontroler ATMega8 dengan C/C++ dan Assembler. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33330/jssr.v3i1.365