PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI USER INTERFACE APLIKASI REKARUANG PADA MODUL KONSULTASI MENGGUNAKAN METODOLOGI WATERFALL

G N Kresna Adiputra, Putra Fajar Alam, Ekky Novriza Alam

Abstract


Peran desain interior bukan sekedar dekorasi ruangan melainkan sebagai penghubung antara manusia dengan lingkungannya. Menurut Rahayu tahun 2017 bisnis pada bidang desain interior meningkat sebesar 50%, sehingga bisnis desain interior memiliki peluang yang baik untuk saat ini. Berdasarkan hasil wawancara, dibalik perkembangan desain interior yang meningkat masih terdapat beberapa permasalahan yang terjadi khususnya dalam proses penjualan desain. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis permasalahan yang terjadi dan memberikan rancangan solusi yang dapat memiliki nilai bisnis. Penelitian ini berfokus pada Perancangan Dan Implementasi User Interface Pada Aplikasi Rekaruang Berbasis Web Menggunakan Metodologi Waterfall. Perancangan desain aplikasi Rekaruang menggunakan metodologi design thinking yang menghasilkan rancangan desain yang diuji menggunakan usability testing sebelum diimplementasikan ke dalam bentuk kode. Hasil Pengujian menggunakan metode perhitungan SUS yang menghasilkan score 86 untuk desain aplikasi client, dan 79 untuk desain aplikasi sisi desainer, sehingga dapat dinyatakan desain diterima (acceptable) oleh calon pengguna aplikasi Rekaruang. Implementasi interface aplikasi Rekaruang dalam bentuk kode menggunakan metodologi waterfall model yang menghasilkan aplikasi Rekaruang berbasis web. Hasil implementasi diuji menggunakan teknik pengujian white-box testing dengan metode unit testing. Hasil pengujian sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan karena sebanyak dua puluh satu test case yang diuji menghasilkan status pengujian sukses.

Full Text:

PDF

References


Alahmari, F., & Anandhavalli, M. (2018). Using Design Thinking in Information System Development: A Survey. 21st Saudi Computer Society National Computer Conference, NCC 2018, 1–6.

Collina, L., Sabatino, P. Di, Galluzzo, L., Mastrantoni, C., & Mazzocchi, M. (2018). A Systematic Literature Review for Human-Computer Interaction and Design Thinking Process Integration Chapter (Vol. 10918, Issue June). Springer International Publishing.

Databoks, K. (2019). Persentase Pemuda Asia Tenggara yang Ingin Jadi Pengusaha.

Elamin, M., & Daleel, E. (2016). Software Engineering Development and Analysis of Life Cycle Models. International Journal of Computer Applications, 133(10), 9–13.

Laumer, S., & Eckhardt, A. (2012). Integrated Series in Information Systems Volume 28. In Springer (Vol. 28).

Machado, F., & Grilo, A. (2020). How can design thinking and lean startup improve waste collection systems? Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, August.

Thamrin, D. (2017). Memahami Interior Sebagai Penghubung Abstrak. October.




DOI: https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.658

Announcement: Call for Paper 2021 Bingung Mengetahui ID Google Scholar?Berikut 3 langkah mudah mengetahui ID  dan menambahkan artikel publikasinya pada google scholar. Jurnal Online Universitas Jambi Tutorial Akses Jurnal Indonesia OneSearch | Perpustakaan