PENGARUH IMPLEMENTASI APLIKASI PENENTU PROGRAM STUDI BERBASIS ANDROID UNTUK CALON MAHASISWA STMIK ROYAL

Dina Pertiwi, Andhini Asri Awaliyah Arifin, Sastria Sandy Utama, Muhammad Ardiansyah Sembiring

Abstract


Perguruan tinggi merupakan lembaga pendidikan yang mempersiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan baik secara akademis maupun keterampilan. Pemilihan jurusan tertentu bukanlah menjadi suatu kegiatan yang mudah dalam prosesnya. Pengaruh dari internal dan eksternal juga mengambil peran dalam hal tersebut. Hal inilah kadang membuat banyak remaja terjebak dalam ketidaktepatan dalam proses pengambilan keputusan. Dua dari beberapa faktor yang mempengaruhi dalam proses pengambilan keputusan dalam pemilihan jurusan ini adalah minat dan potensi diri. Termasuk di dalamnya dalam memilih program studi pada Sekolah Tinggi Komputer, Fakultas Komputer, atau Teknik Komputer dimana ada beberapa pilihan program studi yang tersedia. Untuk mengatasi permasalahan salah jurusan ini, jelas membutuhkan aplikasi pendamping yang dapat membantu calon mahasiswa komputer dalam memilih jurusannya sehingga bisa meminimalisir kesalahan jurusan. aplikasi yang akan dikembangkan peneliti akan menambahkan metode akurasi Analitycal Hierarchy Process (AHP) dan Multi Objective Optimization on the basis of Ratio Analysis (MOORA), data kriteria dan alternatif, membuat sistem dinamis, serta berbasis android dan web sehingga lebih fleksibel juga mudah diakses oleh calon mahasiswa jurusan Komputer. Metode AHP dipilih karena memiliki kemampuan dalam menganalisis kriteria dengan akurasi lebih dari 90% dan metode MOORA dipilih karena memiliki kemampuan menganalisis preferensi alternative dengan jumlah tak terbatas.


Full Text:

PDF

References


Agus, R. T. A. and Mardalius (2019) “menganalisis BENIH PADIUNGGUL Sekolah Tinggi Manajemen Infromatika dan Komputer Royal PENDAHULUAN Beras merupakan bahan pokok yang banyak diminati masyarakat . Beras menjadi kebutuhan utama dalam mengolah berbagai macam makanan terutama nasi . Kebutuhan‟, VI(1), pp. 19–24.

Arif, M. (2018) „Hubungan Minat Dan Potensi Diri Dengan Pemilihan Program Studi Asuransi Syariah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Sumatera Utara‟, 1.

Frieyadie, F. and Ramadhan, S. M. (2018) „Penerapan Metode AHP Untuk Membantu Siswa Memilih Jurusan Yang Tepat Di SMK‟, Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 2(3), pp. 662–667. doi: 10.29207/resti.v2i3.396.

Herlinawali, Adil, A. and Yunus, M. (2019) „Rekomendasi Pemilihan Perguruan Tinggi Menggunakan Sistem Pendukung Keputusan ( Spk ) Dengan Analytical Hierarchy Process ( Ahp )‟, Jurnal BITE, 1(1), pp. 22–31.

Israwan, L. F. (2019) „Penerapan Multi- Objective Optimization On The Basis Of Ratio (Moora) Dalam Penentuan Asisten Laboratorium‟, Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 5(1), pp. 19–23. doi: 10.35329/jiik.v5i1.28.

Jusmawati and Nurhayati, S. (2019) „Journal of Informatics and Information Tecnology (JIIT)‟, 2(2).

Muliadi, D. (2015) „Kajian Teori Analytic Hierarchy Process (AHP)‟, pp. 7–37.

Mulyati, S. (2016) „Penerapan Metode Simple Additive Weighting Untuk Penentuan Prioritas Pemasaran Kemasan Produk Bakso Sapi‟, Jurnal Informatika, 1(1), pp. 33–37.

Nofitri, R. ANALISA KINERJA ALGORITMA C. 45 DALAM MEMPREDIKSI PENCAPAIAN PROFIT.

Prasetyo, M. (2020) „PILIHAN PROGRAM STUDI MAHASISWA JURUSAN ILMU‟.

Rahayu, N., Rustiana, D. and Girsang, V. R. (2018) „Perancangan Sistem Booking Seminar Pada Perguruan Tinggi Berbasis Android‟, Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, (November), pp. 26– 31.

Sari, S. R., Saubari, N. and Pebriadi, M. S. (2020) „JOURNAL OF APPLIED COMPUTERSCIENCE AND TECHNOLOGY

Sembiring, M. A., & Azhar, Z. (2017). Factors Analysis And Profit Achievement For Trading Company By Using Rough Set Method. International Journal of Artificial Intelligence Research, 1(1), 16-20.

Sibuea, M. F. L., Sembiring, M. A., & Agus, R. T. A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Media Sosial Facebook Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Science and Social Research, 3(1), 73-77.




DOI: https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.659

Article Metrics

Abstract view : 34 times
PDF - 4 times

Announcement: Call for Paper 2021 Bingung Mengetahui ID Google Scholar?Berikut 3 langkah mudah mengetahui ID  dan menambahkan artikel publikasinya pada google scholar. Jurnal Online Universitas Jambi Tutorial Akses Jurnal Indonesia OneSearch | Perpustakaan