APLIKASI METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT UNTUK SISTEM PENINGKATAN PELAYANAN KONSUMEN

Fahmi Kurniawan, Zulham Sitorus, Said Oktaviandi

Abstract


Pelayanan merupakan hal terpenting dalam memberikan kenyamanan terhadap pelanggan. Loyalitas kepada konsumen ditandai dengan konsumen yang terus menerus mau menggunakan jasa dari suatu perusahaan. Selain mengetahui tingkat layanan yang sudah ada, dan mengetahui adanya perbedaan antara kondisi yang ada dengan harapan konsumen maka perlu dilakukan usaha untuk meningkatkan kualitas layanan sesuai dengan harapan konsumen. Sektor jasa adalah sektor yang banyak bekontribusi pada sektor pertumbuhan ekonomi. Peningkatan layanan konsumen adalah salah satu faktor dari keberhasilan industri jasa. Pada sistem manajemen perusahaan merasa perlu melakukan peningkatan kualitas layanan untuk mempertahankan konsumen yang ada di PT. Telkom Ases tersebut. Aplikasi metode QFD (Quality Function Deployment) adalah sebuah metode yang membawa sebuah system pelayanan menjadi terbesar di Asia dan dunia. Metode QFD telah luas digunakan diberbagai bidang penelitian dan sistem pengambilan keputusan. QFD merupakan penelitian yang didasarkan bagaimana suara konsumen diterjemahkan kepada aspek-aspek teknis yang menunjang pelaksanaannya di lapangan. Dalam penelitian ini metode QFD digunakan dalam sistem peningkatan layanan konsumen.


Full Text:

PDF

References


Akao, Yoji, Shigeru Mizuno. (1994). QFD The Costumer-Driven Approach to Quality Planning and Development. Asian Productivity Organization Jepang.

Cohen, L. (1995). Quality Function Deployment: How To Make QFD Work For You. Addison Wesley Publishing Co.

Kotler, Philip. (1997). Manajemen Pemasaran Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1, Penerbit Prehallindo Jakarta.

Tjiptono Fandy, 2002, Manajemen Jasa, Edisi kedua, Cetakan ke 3, Penerbit Andi Yogyakarta

Tjiptono Fandy, 2002, Prinsip-Prinsip Total Quality Service, edisi kedua, penerbit Andi Yogyakarta.

Tjiptono Fandy, Diana Anastasia, 2002, Total Quality Manajemen, Edisi ke 4,Cetakan ke 2, Penerbit Andi Yogyakarta.

Walpole Ronald E, 1995, Pengantar Statistika, Edisi ke 3, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

A. Fauzi and E. Harli. Peningkatan Kualitas Pelayanan Melalui CRM dengan Metode. Jurnal Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi, 1(2017), 76 – 81.

I. Kanedi, F. H. Utami and L. N. Zulita. Sistem Pelayanan untuk Peningkatan Kepuasan Pengunjung pada Perpustakaan arsip dan dokumentasi kota bengkulu. Jurnal Pseudocode, 1(2017),37-46.




DOI: https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.713

Article Metrics

Abstract view : 67 times
PDF - 8 times

Announcement: Call for Paper 2021 Bingung Mengetahui ID Google Scholar?Berikut 3 langkah mudah mengetahui ID  dan menambahkan artikel publikasinya pada google scholar. Jurnal Online Universitas Jambi Tutorial Akses Jurnal Indonesia OneSearch | Perpustakaan