PENERAPAN M-LEARNING DENGAN METODE ABA DAN GLENN DOMAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Akmal Nasution, Adi Prijuna Lubis, Mohd Siddik

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai sejauh mana peningkatan kemampuan belajar anak berkebutuhan khusus melalui aplikasi pembelajaran berbasis mobile android (mobile learning, m-learning) dengan menerapkan metode ABA dan Glenn Doman sekaligus. Metode ABA yang digunakan dalam m-learning ini berupa materi belajar  anak yang terstruktur, terarah, dan terukur yang mampu memberikan interaksi dengan anak langsung melalui aplikasi android dalam bentuk suara dan gambar. Sementara penerapan metode Glenn Doman dalam m-learning ini bertujuan untuk memberikan stimulasi bagi otak anak agar berkembang lebih baik dengan pemberian materi membaca dan berhitung yang didukung dengan gambar-gambar yang menarik bagi anak. Tentunya hasil awal yang dicapai dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi m-learning yang dapat berjalan pada smartphone android. Kemudian dengan menggunakan aplikasi ini akan dilakukan pengujian dan penilaian sejauh mana peningkatan kemampuan belajar anak berkebutuhan khusus

Full Text:

PDF

References


Nasution, A., & Siddik, M. (2020, August). IMPACT OF USING MOBILE LEARNING APPLICATIONS IN THE LEARNING PROCESS. In International Conference on Social, Sciences and Information Technology (Vol. 1, No. 1, pp. 37-42).

Abdullah, N. (2013). Mengenal anak berkebutuhan khusus. Magistra, 25(86), 1.

Astuti, R. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Anak Attention Deficit Disorder Melalui Metode Al-Barqy Berbasis Applied Behavior Analysis. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 251-266.

Dwi, T., Idriansari, A., & Girsang, B. M. (2014). Pengaruh Metode Glenn Doman Terhadap Perkembangan Bahasa Dan Kognitif Anak Usia Prasekolah di Tk Ladas Berendai Prabumulih. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 1(1).

Al Irsyadi, F. Y., & Rohmah, A. N. (2017). Pemanfaatan Augmented Reality untuk Game Edukasi Bagi Anak Autis Tingkat Sekolah Dasar di Rumah Pintar Salatiga. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 8(1), 91-98.

Artoni, S., Buzzi, M. C., Buzzi, M., Ceccarelli, F., Fenili, C., Rapisarda, B., & Tesconi, M. (2011, December). Designing ABA-Based software for low-functioning autistic children. In International Conference on Advances in New Technologies, Interactive Interfaces, and Communicability (pp. 230-242). Springer, Berlin, Heidelberg.




DOI: https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.728

Article Metrics

Abstract view : 39 times
PDF - 7 times

Announcement: Call for Paper 2021 Bingung Mengetahui ID Google Scholar?Berikut 3 langkah mudah mengetahui ID  dan menambahkan artikel publikasinya pada google scholar. Jurnal Online Universitas Jambi Tutorial Akses Jurnal Indonesia OneSearch | Perpustakaan