IMPLEMENTASI ESP32-CAM DAN BLYNK PADA WIFI DOOR LOCK SYSTEM MENGGUNAKANTEKNIK DUPLEX

Dedi Setiawan, Hendra Jaya, Saiful Nurarif, Trinanda Syahputra, Muhammad Syahril

Abstract


Bendungan dapat membantu mengatur debit air yang dialirkan melalui sungai atau saluran air. Hal ini dapat mencegah debit air berlebihan yang melewati sungai atau saluran air saat musim hujan tiba, sehingga dapat mencegah terjadinya banjir.Untuk pemantauan secara real time di gunakan sebuah microcontroller jenis esp32cam. ESP32Cam adalah sebuah platform yang dapat memantau secara realtime dengan menerapkan kamera dan modul wifi yang ada didalamanya.Untuk melakukan pengaturan pada ESP32-Cam dibutuhkan FTDI USB to TTL yang kemudian dihubungkan modul camera dan perangkat personal komputer atau laptop. Untuk memasukkan coding program kedalam ESP32 cam diperlukan sebuah aplikasi opensource yang dapat mengupload program yang di peruntukkan untuk modul esp32cam tersebut dengan menggunakan arduino IDE.Arduino IDE adalah sebuah perangkat lunak yangberfungsi untuk mengembangkan aplikasimikrokontroler dari proses pembuatan program,kompilasi dan upload. Arduino IDE ini jugadilengkapi dengan terminal serial, sehinggamemudahkan pengguna untuk melalukankomunikasi Usart / RS232 ke komputer. Dari hal tersebut didapatkan sistem keamanan dan monitoring secara realtime.

Full Text:

PDF

References


S. Wahyuni, R. Yolanda, A. A. Purnama, P. Studi, P. Biologi, and U. P. Pengaraian, “Struktur komunitas gastropoda (moluska) di perairan bendungan menaming kabupaten rokan hulu riau,†pp. 2–6, 2014.

Limantara, dkk, “Pemodelan Sistem Pelacakan LOT Parkir Kosong Berbasis Sensor Ultrasonic Dan Internet Of Things ( IOT ) Pada Lahan Parkir Diluar Jalan,†Semin. Nas. Sains dan Teknol., vol. 1, no. 2, pp. 1–10, 2017.

S. S. Prayogo, Y. Permadi, and T. M. Kusuma, “Rancang Bangun Agrobot-Ii: Robot Edukasi Penanam Benih Tanaman Padi Dengan Kendali Jarak Jauh,†J. Ilm. Teknol. dan Rekayasa, vol. 25, no. 2, pp. 89–101, 2020, doi: 10.35760/tr.2020.v25i2.2676.

R. P. Pratama, “APLIKASI WEBSERVER ESP8266 UNTUK PENGENDALI PERALATAN LISTRIK,†2017, doi: 10.31227/osf.io/pjwxd.




DOI: https://doi.org/10.54314/jssr.v5i1.807

Article Metrics

Abstract view : 200 times
PDF - 105 times

Announcement: Call for Paper 2021 Bingung Mengetahui ID Google Scholar?Berikut 3 langkah mudah mengetahui ID  dan menambahkan artikel publikasinya pada google scholar. Jurnal Online Universitas Jambi Tutorial Akses Jurnal Indonesia OneSearch | Perpustakaan