ANALISIS IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA SAFIRA BAKERY

Elly Rahayu, Wan Mariatul Kifti, Rohminatin Rohminatin

Abstract


Penelitian ini  dilakukan di Safira  Bakery yang merupakan  usaha milik perseorangan berdiri pada 26 September 2015 oleh Ibu Sukma Dewi, AMG (Sukma) di Batu Bara. Permasalahan yang muncul adalah di era digitalisasi saat ini, hampir semua usaha  melakukan pemasaran secara konvensional dan melalui website atau social media. Pada tahun 2020 Safira Bakery memutuskan menggunakan strategi Customer Relationship Management (CRM) khususnya untuk pengelolaan pelanggan melalui penyediaan website. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menganalisis Implementasi CRM pada Safira Bakery. Metode  penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu hasil analisis kemudian dibandingkan dengan indicator keberhasilan implementasi CRM yang digunakan pada penelitian ini.  Populasi penelitian ini adalah pelanggan Safira Bakery. Sampel penelitian berjumlah 30 orang. Besaran sampel ditentukan berdasarkan pendapat Roscoe dalam Sugiono (2015) dimana sampel ditentukan antara 30 sampai 500 orang.Data responden diolah menggunakan deskriftif frequencies. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa penerapan CRM pada Safira Bakery belum dilakukan secara maksimal. Data responden menyatakan bahwa 66.7% responden bukan pelanggan baru melainkan pelanggan tetap yang sering melakukan pembelian di Safira Bakery.Pendapatan Safira Bakery juga megalami penuruan pasca diterapkannya strategi CRM. Dan 100% responden menyatakan bahwa tidak ada informasi yang dikirim admin secara berkala ke pelangan. 


Full Text:

PDF

References


Khusna, A. N. (2016). Aplikasi Operational Customer Relationship Management Pemasaran Keripik Jamur Bu Sayom. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi), 0(0).

Octa, A. (2019). LITERATURE REVIEW: MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DI BENGKEL RESMI MENGGUNAKAN SISTEM MANAJEMEN PELANGGAN ELEKTRONIK. Informatik : Jurnal Ilmu Komputer, 15(1). https://doi.org/10.52958/iftk.v15i1.1299

Purwanto, H., Sumbaryadi, A., & Sarmadi. (2018). E-Crm Berbasis Web Pada Sistem Informasi Penjualan Funiture. Jurnal PILAR Nusa Mandiri Vol. 14, No. 1 Maret 2018, 14(1).

Rukin, R. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Sugiyono. (2015). Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D , (Bandung: Alfabeta, 2015), 407 1. In Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.




DOI: https://doi.org/10.54314/jssr.v5i1.812

Article Metrics

Abstract view : 166 times
PDF - 40 times

Announcement: Call for Paper 2021 Bingung Mengetahui ID Google Scholar?Berikut 3 langkah mudah mengetahui ID  dan menambahkan artikel publikasinya pada google scholar. Jurnal Online Universitas Jambi Tutorial Akses Jurnal Indonesia OneSearch | Perpustakaan