PEMANFAATAN TEKNOLOGI OCR (OPTICAL CHARACTER RECOGNITION) DALAM PEMBUATAN APLIKASI KALKULATOR TULISAN TANGAN SEDERHANA

Ricky Ramadhan Harahap, Iskandar Iskandar, Barany Fachri, Rinel Prayudi

Abstract


Kalkulator merupakan alat bantu hitung yang ditemukan oleh seorang matematikawan Prancis pada tahun 1642 yaitu Blaise Pascal. Hingga saat ini, perkembangan kalkulator telah berevolusi mulai dari segi ukuran, fitur, hingga performa kecepatan hitung yang semakin canggih. Penggunaan kalkulator dapat memudahkan manusia dalam melakukan operasi hitung aritmatika. Saat ini, terdapat kendala masalah pada proses pemasukan angka pada kalkulator sebagai contoh jika kita ingin menghitung nilai dari angka-angka pada media tulis seperti kertas, papan tulis atau media tulis lainnya, pengguna harus terlebih dahulu melihat teks satu persatu dan memasukkannya secara seksama karena jika terdapat kesalah dalam input angka maka hasil perhitungan juga akan mengalami kesalahan. Untuk mengatasi masalah diatas, penulis akan memanfaatkan teknologi Optical Character Recognition (OCR) dalam proses ekstrasi data teks pada suatu citra digital sehingga pengguna tidak perlu memasukkan angka ke dalam kalkulator satu persatu, pengguna hanya cukup mengambil gambar dari tulisan tangan perhitungan yang akan dilakukan dan sistem akan secara otomatis menghitung berdasarkan hasil ekstraksi dari OCR.


Full Text:

PDF

References


Ceryna Dewi, N. K., Anandita, I. B. G., Atmaja, K. J., & Aditama, P. W. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Mobile Siska Berbasis Android. SINTECH (Science and Information Technology) Journal, 1(2), 100–107. https://doi.org/10.31598/sintechjournal.v2i1.291

DirgaF, M. (2021). Aplikasi E-Learning Siswa Smk Berbasis Web. Jurnal Sintaks Logika, 1(1), 2775–412. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/sylog

Dwiastiti, S., Pendidikan, J., Biasa, L., Dwiastiti, S., Biasa, P. L., Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (2018). DENGAN ALAT HITUNG DIGITAL BAGI SISWA AUTIS Diajukan kepada Universitas Negeri Surabaya untuk Memenuhi Persyaratan Penyelesaian Oleh : DENGAN ALAT HITUNG DIGITAL BAGI SISWA AUTIS. 1–16.

Hendini, A. (2016). Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 2(9), 107–116. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Heriyanto, Y. (2018). Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT.APM Rent Car. Jurnal Intra-Tech, 2(2), 64–77.

Kusniyati, H. (2016). Culture is a way of life that developed and shared by a group of people , and inherited from one technology as a competitive sector that can added value to the business processes that run . The development of information and communication technology make. APLIKASI EDUKASI BUDAYA TOBA SAMOSIR BERBASIS ANDROID Harni, 9(1), 9–18.

Malahella, A. H., & Arwani, I. (2020). Pemanfaatan Framework React Native dalam Pengembangan Aplikasi Pemesanan Minuman Kopi pada Kedai Bycoffee. 4(9), 3178–3184.

Nasution, R. S. (2019). Bangun Rumah : Aplikasi Marketplace untuk Penjualan Bahan Bangunan Berbasis Android ( Studi Kasus : Toko Bangunan Bali ) Pendahuluan Studi Literatur. 2(5), 183–191.

Pratama, A., Hadista, A., Swedia, E. R., Cahyanti, M., Studi, P., Informatika, T., Industri, F. T., & Gunadarma, U. (n.d.). MENGGUNAKAN IMPLEMENTASI FIREBASE ML KIT BERBASIS ANDROID.

Putra, & Hendra, N. (2018). Implementasi Diagram UML ( Unified Modelling Language ) dalam Perancangan Aplikasi Data Pasien Rawat Inap pada Puskesmas Lubuk Buaya. Jurnal & Penelitian Teknik Informatika, 2(2), 69–77.

Sahertian, J., Khotmuniza, M. I., & Helilintar, R. (2020). Sistem Parkir Menggunakan Ocr (Optical Character Recognition) Plat Nomer Dan Iot (Internet of Things). Joutica, 5(2). http://www.jurnalteknik.unisla.ac.id/index.php/informatika/article/view/443

Sahi, A. (2020). Aplikasi Test Potensi Akademik Seleksi Saringan Masuk Lp3I Berbasis Web Online Menggunakan Framework Codeigniter. Tematik, 7(1), 120–129. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.386

Surahman, S., & Setiawan, E. B. (2017). Aplikasi Mobile Driver Online Berbasis Android Untuk Perusahaan Rental Kendaraan. Jurnal ULTIMA InfoSys, 8(1), 35–42. https://doi.org/10.31937/si.v8i1.554

the Use of Graphic Calculator in Mathematics Learning : Is It Still. (2002). 106–117.

Utami, A. E., Nurhayati, O. D., & Martono, K. T. (2016). Aplikasi Penerjemah Bahasa Inggris – Indonesia dengan Optical Character Recognition Berbasis Android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 4(1), 167. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.4.1.2016.167-177

Wahyu, A. P., & Suhendri. (2019). Peningkatan Sistem Keamanan Parkir dengan Teknologi Artificial Intelligence Imaging. Joint, 01(02), 39–42.

Wiguna, P. D. A., Swastika, I. P. A., & Satwika, I. P. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Point of Sales Distro Management System dengan Menggunakan Framework React Native. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 4(3), 149–159. https://doi.org/10.25077/teknosi.v4i3.2018.149-159

Yani, A., Saputra, B., & Jurnal, R. T. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Evaluasi Siswa Dan Kehadiran Guru Berbasis Web. Petir, 11(2). https://doi.org/10.33322/petir.v11i2.344

Yatini B, I. (2014). Aplikasi pengolahan citra berbasis web menggunakan javascript dan jquery. Jurnal Teknik, 3(3), 1–8. http://jurnalteknik.janabadra.ac.id/wp-content/uploads/2015/01/3-IndraYatini-April-2014.pdf




DOI: https://doi.org/10.54314/jssr.v5i2.916

Article Metrics

Abstract view : 76 times
PDF - 23 times

Announcement: Call for Paper 2021 Bingung Mengetahui ID Google Scholar?Berikut 3 langkah mudah mengetahui ID  dan menambahkan artikel publikasinya pada google scholar. Jurnal Online Universitas Jambi Tutorial Akses Jurnal Indonesia OneSearch | Perpustakaan