PENERAPAN METODE FORWARD CHAINING DALAM MENDIAGNOSA PENYAKIT KULIT KEPALA

Barany Fachri, Rika Nurleni, Ricky Ramadhan Harahap, Iskandar Iskandar

Abstract


Kulit merupakan organ terpenting pada manusia, jika kulit kepala mulai terasa gatal, perih dan tidak tahu cara menanganinya lama kelamaan penderita  itu akan terkena penyakit kulit kepala tingkat akut. Metode forward chaining adalah suatu rantai yang di cari atau dilintasi dari suatu permasalahan untuk memperoleh solusi. Hasil yang diberikan dari penelitian ini adalah sistem pakar diagnosa penyakit kulit kepala yang dibangun menggunakan sistem aplikasi website menggunakan bahasa pemrograman PHPMySQL dan menggunakan software XAMPP dan Adobe dreamweaver CS5. Dari data pasien dan data gejala yang diterapkan didalam sistem pakar diagnosa penyakit kulit kepala tersebut diketahui tingkat keakuratan sistem terhadap diagnosa penyakit kulit kepala pada pasien 96%.


Full Text:

PDF

References


Dini Agustina, 2016, Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Akibat Infeksi Jamur, ISSN: 2579-8901,

Erlin setiawati, 2017, Pengaruh Penggunaan Kangkung (Ipomoea Aquatiqa) Untuk Perawatan Kulit Kepala Berketombe, Universitas Negeri Padangwisuda Periode September 2017,

Gani Nur, 2018, Perancangan dan Pembuatan E-Journal Menggunakan Open Journal System Di Stmik Jenderal Achmad Yani Yogyakarta, Teknomatika vol. 7, no. 2, januari 2018.

B Fachri, 2018, Perancangan Sistem Informasi Iklan Produk Halal Mui Berbasis Mobile Web Menggunakan Multimedia Interaktif, Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika) vol 3 (2018)

Jamaluddin, 2015, Mengenal Elektronik Jurnal Dan Manfaatnya Bagi Pengembangan Karier Pustakawan, Jamaluddin / JUPITER Vol. XIV No.2 (2015)

Yani Sugiyani, 2015, Aplikasi pengelolaan Bursa Kerja Elektronik Untuk Alumni Perguruan Tinggi Dengan Metode Framework For The Applications Of System Techniques (FAST), Jurnal PROTEKINFO Vol. 2 September 2015.




DOI: https://doi.org/10.54314/jssr.v5i2.922

Article Metrics

Abstract view : 91 times
PDF - 15 times

Announcement: Call for Paper 2021 Bingung Mengetahui ID Google Scholar?Berikut 3 langkah mudah mengetahui ID  dan menambahkan artikel publikasinya pada google scholar. Jurnal Online Universitas Jambi Tutorial Akses Jurnal Indonesia OneSearch | Perpustakaan