SISTEM TEMU KEMBALI INFORMASI DENGAN LATENT SEMANTIC ANALISYS PADA KESAMAAN TUGAS AKHIR MAHASISWA

Meri Sri Wahyuni, Dedi Setiawan, Trinanda Syahputra

Abstract


Tugas Akhir (Skripsi) merupakas sebuah karya ilmiah yang diabuat sebagai laporan hasil penelitian mahasiswa untuk syarat lulus dan meraih gelar sarjana. Setiap Tugas Akhir yang dihasilkan tidak boleh sama antara satu karya dengan karya lainnya. Apabila ada yang sama maka penulis akan dianggap plagiat. Plagiat adalah perbuatan secara sengaja atau tidak sengaja dalam memperoleh atau mencoba memperoleh kredit atau nilai untuk suatu karya ilmiah, dengan mengutip sebagian atau seluruh karya ilmiah pihak lain yang diakui sebagai karya ilmiahnya, tanpa menyatakan sumber secara tepat dan memadai. Metode Latent Semantic Analysis (LSA) berfungsi untuk mencari dokumen yang memiliki kesamaan teks terhadap dokumen lain yang ada di dalam database. Algoritma yang digunakan adalah Algoritma TF/ID, dan untuk melihat tingkat kedekatan atau kesamaan (smilarity) kata (term) dengan cara pembobotan term digunakan Vector Space Models (VSM).


Full Text:

PDF

References


Ali Ridho Barakbah, Tita Karlita, Ahmad Syauqi Ahsan, (2013), Logika dan Algoritma.

Ardytha Luthfiarta, Junta Zeniarja, dan Abu Salam (2013) Algoritma Laten Semantic Analysis (LSA) Pada Peringkas Dokumen Otomatis Untuk Proses Clustering Dokumen, ISBN: 979-260266-6.

Bunafit Nugroho, (2013), Dasar Pemrograman Web PHP-MySQL dengan Dreamweaver, Cetakan I, Yogyakarta : GAVA MEDIA.

Fatkhul Amin (2011) Implementasi Search Engine (Mesin Pencari) Menggunakan Metode Vector Space Model, vol.V, No.1.

G. Susanto, H. L. Purwanto, “Information Retival Menggunakan Latent Semantic Indexingâ€, SMANTIKA Jurnal, Vol 8, no. 2, Okt 2018. pp. 74 - 79

Kusrini, (2007), Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta : C.V Andi.

Indra Warman, M.Kom, Keni Novandri Saputra (2012) Sistem Informasi Alumni ITP Menggunakan PHP Dan My SQL, vol.12, No.1.

Landauer, T. K., Foltz, P. W., & Laham, D. (1998) An Introduction to Latent Semantic Analysis.

Muhammad, S. N Endah, and B. Noranita, “Sistem Temu Kembali Informasi dalam Dokumen Menggunakan Metode Latent Semantic Indexing†Jurnal Masyarakat Informatika, Vol 3, No. 5, 2012

Muhammad Jamhari, Edi Noersasongko, dan Hendro Subagyo (2014) Pengklusteran Dokumen Teks Hasil Peringkas Dokumen Otomatis Yang Menggunakan Metode Seleksi Fitur Dan Latent Semantic Analysis (LSA), vol.10, No.1.

Noor Sahib Maricar, (2005), Oracle SQL Simplified, Cetakan I, Jakarta : Ekuator Digital Publishing.

Rachmat Hidayat (2014) Sistem Informasi Ekspedisi Barang Dengan Metode E-CRM Untuk Meningkatkan Pelayanan Pelanggan, vol.4, No.2.

Syaifudin Ramadhani, Urifatun Anis, dan Siti Tazkiyatul Masruro (2013) Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Layanan Kesehatan Di Kecamatan Lamongan Dengan PHP MySQL, vol.5, No.2.




DOI: https://doi.org/10.54314/teknisi.v1i2.655

Article Metrics

Abstract view : 147 times
PDF - 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.