Dampak Penggunaan Permainan Kecil Pada Siswa Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Agus Himawan, Septyaningrum Putri, Heni Yuli

Abstract


Abstract: Education is a learning process for individuals to have an understanding of something, and make someone critical in thinking. Physical education is an educational process that utilizes physical activity that results in changes in the quality of individuals, both physically, mentally, and emotionally. Teachers must have fun learning strategies and can motivate students to follow every learning process that takes place. The game becomes a medium of movement activity during learning. Children's behavior in everyday life and at play have similarities, such as how to solve problems, make decisions, and also communicate. The game in question is a small game that can be modified as needed during the implementation of learning. Small games that are modified by taking into account the needs and interests of students will have a big influence on their growth and development. Physical fitness and student health can also be achieved through small games contained in Physical Education, Sports, and Health learning.

Keyword: fitness; small game

Abstrak: Pendidikan merupakan proses pembelajaran kepada individu agar memiliki pemahaman terhadap sesuatu, serta menjadikan seseorang kritis dalam berpikir. Pendidikan jasmani adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik yang menghasilkan perubahan kualitas individu, baik dalam hal fisik, mental, maupun emosional. Guru harus memiliki strategi pembelajaran yang menyenangkan dan dapat memotivasi siswa untuk mengikuti setiap proses pembelajaran yang berlangsung. Permainan menjadi sebuah media aktivitas gerak pada saat pembelajaran. Tingkah laku anak dalam kehidupan sehari-hari dan pada saat bermain memiliki kesamaan, seperti bagaimana cara memecahkan masalah, mengambil keputusan, dan juga berkomunikasi. Permainan yang dimaksud adalah permainan kecil yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan saat pelaksanaan pembelajaran. Permainan kecil yang dimodifikasi dengan memperhatikan kebutuhan dan minat siswa akan memiliki pengaruh besar pada masa pertumbuhan dan perkembangan mereka. Kebugaran jasmani dan kesehatan siswa juga dapat tercapai melalui permainan kecil yang terdapat dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan.

Kata kunci: kebugaran; permainan kecil


Full Text:

PDF

References


Afandi, M. W. (2017). Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Minat Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa Kelas V Mi Nahdlatul Ulama Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 5(2).

Aidi, Z., Yulifri, Y., & Edwarsyah, E. (2019). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Dalam Menerapkan Permainan Kecil Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Sport Science, 19(1), 41-49.

Bastomy, R. Y. (2019). Pengaruh Media Bola Gantung Terhadap Hasil Belajar Pukulan Lob Forehand Bulutangkis. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 7(1).

Cahyo, A. N. (2019). Pengembangan Model Permainan Sirkuit Kardio Untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani Pada Anak Usia 6-9 Tahun. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 5(2), 11-17.

Finalosa, F. (2014). Pengaruh Pemberian Permainan Kecil Dalam Pemanasan Terhadap Minat Siswa Dalam Pembelajaran Bolabasket (Studi Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Babadan, Ponorogo). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 2(3).

Gustiawati, R. (2017). Penerapan Materi Model Pembelajaran Permainan Kecil Di Dalam Pemanasan Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa Kelas Vi Sdn Mekarsari 05 Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Motion: Jurnal Riset Physical Education, 8(1), 50-58.

Lusianti, S. (2015). Pengaruh Pemberian Permainan Sebagai Bentuk Pemanasan Terhadap Minat Siswa Dalam Mengikuti Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 32-40.

Mudzakir, D. O. (2020). Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Terhadap Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Penjas Di Sekolah Dasar. Dicky Oktora Mudzakir, 10(1), 44-49.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.

Sahroni, B. & Sasmita, C. (2016). Pengaruh Penerapan Permainan Kecil Terhadap Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 4(3), 674-678

Sovensi, E. (2018). Pelaksanaan Modifikasi Permainan Kecil dalam Pembelajaran Penjasorkes. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(2), 96-107.

Zein, M. F. (2021). Adab sebelum Ilmu: Membangun Indonesia dengan Pendidikan dan Pembangunan Karakter Bangsa. Mohamad Fadhilah Zein Digital Publishing.




DOI: https://doi.org/10.54314/jpe.v9i1.836

Article Metrics

Abstract view : 364 times
PDF - 63 times