PENGGUNAAN KATEGORI FATIS PADA MASYARAKAT MINANGKABAU DI PASAR SUKARAMAI, MEDAN: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

Nauza Indri Adisti, Salliyanti Salliyanti, Sugihana Sembiring

Abstract


Pada penelitian dengan pendekatan sosiolinguistik ini, bentuk kategori fatis yang dituturkan masyarakat Minangkabau di Pasar Sukaramai  diidentifikasi menggunakan bentuk yang telah dirumuskan oleh Kridalaksana yang merincikan bentuk kategori fatis dalam tiga macam, yakni partikel, kata, dan frasa. Selanjutnya, fungsi penggunaan dari masing-masing bentuk fatis tersebut dianalisis berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Malinowski sang pelopor konsep fatis dan Jakobson. Sebelumnya telah dilakukan pengambilan data menggunakan metode simak yang diaplikasikan dengan serangkaian teknik pendukungnya. Dari penelitian ini, ditemukan bahwa bentuk kategori fatis yang dituturkan masyarakat Minangabau di Pasar Sukaramai terdiri atas bentuk, partikel, paduan, kata, dan frasa. Sedangkan fungsi fatis yang ditemukan berupa; menegaskan, mengukuhkan, menekankan, mengantarai, memperhalus kritikan, meyakinkan, menciptakan keakraban, dan mengawali pembicaraan.

Full Text:

PDF

References


Agustina. (2004)Ungkapan Fatis dalam Bahasa Minangkabau” dalam (Ungkapan Fatis dalamPelbagai Bahasa) (Sutami Editor) Depok: Pusat Leksikologi dan Leksikografi.

Akbar, Nurul. 2016. Kategori Fatis dalam Bahasa Indonesia Pada AcaraIndonesia Lawak Klub di Trans 7. Skripsi. FKIP Mataram.

Chaer, Abdul. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Habiburrahman & Rudi Arrahman. (2017). Kajian Sosiopragmatik tentangPenggunaaan Kategori Fatis Bahasa Sasak dalam Kesantunan TindakTutur Masyarakat Lombok. Mandalnursa. 652-661.

Handayani, Dina Fitria. 2020. Kategori Fatis dan Konteks Penggunaannya dalamBahasa Minangkabau di Kenagarian Kambang Kabupaten Pesisir Selatan. Bahastra 4, No.2 (2020:110).

Hilmiati. (2012). Bentuk Fatis Bahasa Sasak. Mbasan 6, No.9 1.

Kridalaksana, H. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama edisi ke-4.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: USD Press.

Sutami, Hermina. (2004). Ungkapan Fatis dalam Berbagai Bahasa. Jakarta: Pusat Leksikologi dan Leksikografi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya .Universitas Indonesia.

Syahputra, Riza Khairi. (2021). Menapaki Jejak Perantau Minangkabau di Kota Medan.https://www.kompasiana.com/riza_loebis123/60213df5d541df641d642cb3/menapaki-jejak-perantau-minangkabau-di-kota-medan, diakses 12 Februari 2023.

Waridin. (2008). Ungkapan Fatis dalam Acara Temu Wicara Televisi. Disertasi: FIB Universitas Indonesia. Jakarta.

Widiana, Yuli. (2020). Tindak Tutur Fatis dan Realisasi Kesantunannya Dalam Ranah Pertemanan di Kalangan Mahasiswa Jawa di Madiun. Disertasi: FIB UNS. Surakarta.

Yusra, Hasnawatil. (2012)Kategori Fatis Bahasa Minangkabau Dalam Kaba “Rancak Di Labuah”.




DOI: https://doi.org/10.54314/jssr.v7i2.1842

Article Metrics

Abstract view : 51 times
PDF - 25 times