PENERAPAN ALGORITMA FAST CORNER DALAM PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AWAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Mhd. Al-Ghazaly Sinaga, Muhamad Alda

Abstract


Penelitian ini berjudul Penerapan Algoritma Fast Corner dalam Perancangan Media Pembelajaran Awan menggunakan Augmented Reality berbasis Android di MIS Pulau Tagor, yang dimana permasalahan pada penelitian ini yaitu kurang efektifnya metode belajar yang diterapkan sekarang dan guru kekurangan materi dikarenakan sistem belajar berbasis TEMA. Proses pembelajaran juga kadang terhambat karena kekurangan materi dan juga tidak pahamnya siswa terhadap materi yang bersifat abstrak seperti pengenalan jenis-jenis awan. Untuk menanggulangi situasi tersebut, diperlukan upaya pengembangan suatu sarana pembelajaran awan menggunakan augmented reality dan dibantu dengan algoritma fast corner, pelacakan marker akan lebih akurat dan cepat sehingga siswa lebih mudah menggunakannya. Dari hasil penelitian ini, dihasilkan sebuah aplikasi untuk pembelajaran yang inovatif dan mudah digunakan untuk tingkatan siswa sekolah dasar tentang jenis-jenis awan dan proses pembentukannya.

Full Text:

PDF

References


Abdillah, G. Y., Andryana, S., & Iskandar, A. (2020). Augmented reality sebagai media pembelajaran perangkat keras komputer dengan fast corner dan natural feature tracking. 05, 79–88.

Alda, M. (2020). Sistem Informasi Penjualan Ban Berbasis Android Pada Express Ban. INTI Nusa Mandiri, 14(2), 153–162.

Edusainstek, S. N., Royanti, N. I., & Amalia, U. (2019). Perancangan aplikasi pembelajaran sistem gerak manusia berbasis augmented reality. 169–176.

Fadhlurahman, A. R. (2021). Augmented Reality Pengenalan Landmark Negara Asia Tenggara Menggunakan Algoritma FAST Corner dan Natural Feature Tracking. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 8(3), 1012–1026. https://doi.org/10.35957/jatisi.v8i3.1036

Febriyandani, A. (2021). Algoritma Fast Corner Detection dan Natural Feature Tracking Media Tumbuhan Berbasis Augmented Reality. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 8(3), 1062–1076. https://doi.org/10.35957/jatisi.v8i3.984

Fransisca, S., & Putri, R. N. (2019). Pemanfaatan Teknologi RFID Untuk Pengelolaan Inventaris Sekolah Dengan Metode (R&D). Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer Dan Informasi, 1(1), 72–75.

Guntara, D., Nasution, M. I. P., & Nasution, A. B. (2020). Implementasi Metode Economic Order Quantity Pada Aplikasi Pengendalian Bahan Produksi Sandal Mirado. Jurnal Teknik Informatika, 13(1), 31–42. https://doi.org/10.15408/jti.v13i1.15732

Hartono, A., Suendri, S., & Harahap, A. M. (2023). Penggunaan Algoritma Extreme Learning Machine Berbasis Android Untuk Mengidentifikasi Daging Sapi dan Babi. J-SISKO TECH (Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer TGD), 6(1), 127. https://doi.org/10.53513/jsk.v6i1.7409

Hidayat, N. M., Triayudi, A., Tri, E., Handayani, E., Informatika, J., Nasional, U., & Nasional, U. (2021). Aplikasi Augmented Reality Perlengkapan Militer Menggunakan Algoritma FAST Corner Dan Lucas Kanade 1. 8(3), 1417–1428.

Irwanto. (2021a). Perancangan Sistem Informasi Sekolah Kejuruan dengan Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus SMK PGRI 1 Kota Serang-Banten). Frontiers in Neuroscience, 14(1), 1–13.

Irwanto, I. (2021b). Perancangan Sistem Informasi Sekolah Kejuruan dengan Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus SMK PGRI 1 Kota Serang-Banten). Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 86–107.https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.6093

Islami, S., Putra, W., Rekayasa, J., Komputer, S., Mipa, F., Tanjungpura, U., Prof, J., & Nawawi, H. H. (2019). Implementasi Teknologi Markerless Augmented Reality Menggunakan Metode Algoritma Fast Corner Detection Berbasis Android (Studi Kasus Multimedia Buku Interaktif Kebudayaan Lokal Kalimantan Barat). Jurnal Komputer Dan Aplikasi, 7(1), 1–10.

Mahdafiki, R. A., Titi, R., & Sari, K. (2022). Mixed Reality Edukasi Pengenalan Bioma dengan Metode Occlusion Detection dan Algoritma FAST Corner Detection. 9(1).

Maulana, I., Irawan Padli Nasution, M., & Ikhwan, A. (2020). Aplikasi Pendaftaran Siswa Baru Menggunakan Algoritma Best First Search pada SMP Negeri 1 Medan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Mubarok, R. A., Supriatna, A. D., & Rahayu, S. (n.d.). Perancangan Apliaksi Edukasi Pengenalan Alfabet Berbasis Augmented Reality menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. 614–623.

Mulyana, I., Suriansyah, M. I., & Akbar, J. (2018). Implementasi Natural Feature Tracking Pada Pengenalan Mamalia Laut Berbasis Augmented Reality. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 2018, 13–18.

Pangestu, D. A., & Hayati, N. (2020). Augmented reality sebagai media edukasi mengenai lapisan atmosfer menggunakan algoritma fast corner. 05, 67–78.

Pratama, R., & Fakhriza, M. (2019). Penerapan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Dalam Menentukan Penjaga Gawang Utama Pada Olahraga Sepakbola. JISTech (Journal of Islamic Science and Technology) JISTech, 4(2), 97–107.

Putri, R. A., & Syafina, L. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Desktop Dengan Metode Stradis. Algoritma: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 2(2), 21.

Rahman, A. Z., Hidayat, T. N., & Yanuttama, I. (2017). Media Pembelajaran Ipa Kelas 3 Sekolah Dasar Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. 43–48.

Sinaga, G. R. U., & Samsudin, S. (2021). Implementasi Framework Laravel dalam Sistem Reservasi pada Restoran Cindelaras Kota Medan. Jurnal Janitra Informatika Dan Sistem Informasi, 1(2), 73–84. https://doi.org/10.25008/janitra.v1i2.131

Suhada, M. A., Zufria, I., & Ikhwan, A. (2020). Penerapan Metode Multilevel Feedback Queue Pada Sistem Informasi Pemesanan Paket Haji Dan Umrah Di Pt. Aubaine Kabuhayan. Jis, 5(2), 51–62.

Syaputri, E. R., Samsudin, S., & Ikhwan, A. (2022). Implementasi Metode Geofence Pada Aplikasi Reminder Berbasis Android. Journal of Information System Research (JOSH), 3(3), 252–261. https://doi.org/10.47065/josh.v3i3.1411

Zufria, I., Harahap, A. M., & Wardani, D. A. (2022). Sistem Informasi Objek Pajak Bumi Dan Bangunan Sektor Pedesaan Dan Perkotaan Pada Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kabupaten Asahan. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI), 6(1), 148–160.




DOI: https://doi.org/10.54314/jssr.v7i2.1860

Article Metrics

Abstract view : 49 times
PDF - 28 times