PELATIHAN DESAIN GRAFIS MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA LKP BINTANG MULIA
Abstract
Keyword: Graphic Design; Canva Application; LKP Bintang Mulia
Abstrak: Perkembangan teknologi merupakan fenomena kompleks yang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Beberapa teori telah diajukan untuk menjelaskan dinamika dan evolusi teknologi. Perkembangan teknologi bukan hanya tentang penemuan baru, tetapi juga bagaimana teknologi diterapkan dan di adopsi dalam masyarakat. Dalam konteks ini, faktor faktor seperti regulasi, penerimaan masyarakat, dan dampak sosial juga memainkan peran penting dalam membentuk arah dan keberlanjutan perkembangan teknologi. Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Bintang Mulia Batu Bara merupakan institusi yang menyediakan pelatihan berbagai keterampilan bagi masyarakat sekitar. Adapun keterampilan yang disediakan yaitu kursus komputer dan juga kursus bahasa inggris. Dalam kegiatan operasional, di LKP, Khususnya peserta didik dapat belajar mengoperasikan komputer dan menggunakan aplikasi. Namun dalam penerapan dan efisiensi operasional dalam mengerjakan tugas tugas atau latihan yang diberikan, peserta didik masih belum memahami cara menggunakan Aplikasi khususnya Desain Grafis. Tujuan kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk memperkenalkan dan memberikan pengalaman kepada peserta didik tentang aplikasi desain grafis, kemudian dengan menggunakan aplikasi ini bisa menjadi salah satu inovasi bagi peserta didik dalam mengerjakan tugas atau latihan yang diberikan. Aplikasi desain grafis yang digunakan yaitu aplikasi Canva. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru kepada peserta didik tentang aplikasi desain grafis yang digunakan.
Kata kunci: Desain Grafis; Aplikasi Canva; LKP Bintang Mulia
Full Text:
PDFReferences
Arifin, A. N., Ismail, Daud, F., & Azis, A. (2021). Pelatihan Aplikasi Canva Sebagai Strategi untuk Meningkatkan Technological Knowledge Guru Sekolah Menengah di Kabupaten Gowa. Seminar Nasional Pengabdian Hasil Pengabdian 2021 “Penguatan Riset, Inovasi Dan Kreatifitas Penelitian Di Era Pandemi Covid-19,” 5, 468–472. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/25748
Cahyaningsih, P. A., Sarmini, & Saputra, P. B. (2023). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Pada Perangkat Desa Beringin. Nusantara Hasana Journal, 3(4), 23–29.
Grafis, P. A. D. (2010). Bab II Tinjauan Umum Desain Grafis. 1–13.
Jannah, F. N. M., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 2. https://jurnal.uns.ac.id/JPD/article/view/72716
Monoarfa, M., & Haling, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Seminar Nasional Hasil Pengabdian , 1–7.
Siregar, E. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Dalam Upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia (Sdm). Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(2), 153. https://doi.org/10.33541/jdp.v11i2.812
Widyana, A. I., & Waluyanto, H. D. (2022). Pengembangan Kreativitas Desainer Melalui Aplikasi Grafis Dalam Perancangan Desain Komunikasi Visual. Jurnal DKV Adiwarna, 1, 11.
DOI: https://doi.org/10.54314/jpstm.v3i2.1748
Article Metrics
Abstract view : 31 timesPDF - 4 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.