DECISION SUPPORT SYSTEM PENENTUAN JENIS TANAMAN PANGAN BERDASARKAN KARAKTERISTIK LAHAN PERTANIAN MENGGUNAKAN BASED ANALYTIC HIERARCHY PROCESS BERBASIS WEB

Ridho Angga Wijaya, Ada Udi Firmansyah

Abstract


Salah satu bidang yang berpotensi memanfaatkan komputer dalam menyelesaikan dan memberikan solusi dari sebuah masalah adalah bidang pertanian, dimana dalam bidang pertanian terdapat beberapa tanaman pangan yang dikembangkan dan dibudidayakan seperti padi , jagung, kedelai, dan lain-lain yang semuanya merupakan makanan pokok yang sangat dibutuhkan. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat digunakan dalam menentukan jenis tanaman pangan yang sebaiknya dibudidayakan pada saat masa tanam. Metode yang digunakan adalah sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode AHP (Analytical Hierarcy Process). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan sistem pendukung keputusan dalam bidang pertanian dapat membantu masyarakat dalam menentukan jenis tanaman pangan yang sebaiknya dibudidayakan, sehingga petani dapat memilih dan membudidayakan tanaman pada saat musim tanam. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pola tanam pada daerah penelitian masih menggunakan cara tradisional dan tidak memperhatikan faktor pendukung. Oleh karena permasalahan diatas maka perlu dirancang sistem pendukung keputusan yang diharapkan membantu  pengambil keputusan dalam mendapatkan informasi untuk menentukan jenis tanaman pangan yang cocok untuk ditanam yaitu dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Sistem baru ini dirancang dengan berbasiskan web yang dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan didukung dengan database MySQL.

Full Text:

PDF

References


Mandala, Eka Praja Wiyata. 2015, Web Programming Project 1 “e.p.w.m Forum”. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Setiawan, Bayu Tris. 2017, Sistem Pendukung Keputusan untuk Penentuan Jenis Tanaman Pangan dengan Metode AHP, Kediri.

Fitria, M Zulafan Z. 2011, A Decision Making System To Predict Agribusiness Planting Succesfullness Using Analytic Hierarchy Process Method, Bali.

Sovia, Rini dan Jimmy Febio. 2011, Membangun Aplikasi E-Library Menggunakan HTML, PHP Script, Dan Mysql Database, Padang.

Situmorang Richard. 2014, Analisis Dan Rekayasa Perangkat Lunak Data Pensiun Pada Dinas Komunikas iInformatika Provinsi Sumatera Utara Dengan Model Waterfall, Medan.

Sulistiyani Sri. 2013, PHP & MyAdmin, Yogyakarta :Informatika.

S, Rosa A dan M. Shalahuddin. 2013, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Bandung : Informatika.

Dermanto, Eko, dkk. 2014. Penerapan Metode Ahp (Analythic Hierarchy Process) Untuk Menentukan Kualitas Gula Tumbu. Jurnal SIMETRIS. Vol. 5 No. 1. ISSN: 2252-4983.

Fazliani, Joan Angelina, dkk. 2017. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bibit Unggul Kelapa Sawit dengan Metode Ahp (Analythic Hierarchy Process). Jurnal Prosiding Seminar Ilmu Komputer. Vol. 2 No. 1. ISSN: 2540-7902.

Muhammad, Abulwafa. 2010. Pemilihan Karyawan Berprestasi dengan Metode Ahp (Analythic Hierarchy Process). Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan. Vol. 1 No. 1. ISSN: 2086-4981.

Jasril, Elin Haerani, dkk. 2011. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Fuzzy Ahp (F-AHP). Jurnal Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi. ISSN: 1907-5022.

Husein, Muhamad Rendra, Agus Wahyu, dkk. Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Pananaman Varietas Unggul Padi Menggunakan Metode AHP dan Topsis. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi. Vol. 1 No. 10. ISSN: 2548-964X

Nugroho, Adi. 2005. Rational Rose untuk Pemodelan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

S, Rosa A dan M. Shalahuddin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Jilid 2. Bandung: Informatika.

Astuti, Yuli, M. Suyanto, dkk. 2012. AHP untuk Pemodelan SPK Pemilihan Sekolah Tinggi Komputer. Jurnal Teknologi Informasi. Vol. VII No. 20. ISSN: 1907-2430.




DOI: https://doi.org/10.54314/jssr.v7i2.1870

Article Metrics

Abstract view : 67 times
PDF - 41 times