HUKUM PENGGUNAAN BOT AUTO CLICK PADA FLASH SALE MENURUT FATWA DSN MUI NO: 110/DSN-MUI/IX/2017

Aditya Harry Prananda, Sarmiah Pulungan

Abstract


Bot auto click adalah sebuah script yang berhubungan dengan konsumen dan pedagang dengan memanfaatkan jaringan internet. Bot auto click ini berhasil memacu para konsumen nakal untuk berbuat kecurangan demi mendapatkan barang yang diinginkan. Di dalam agama Islam, terdapat fatwa MUI NO: 110/DSN-MUI/IX/2017 yang mengatur jual beli. Dalam penelitian ini, yang menjadi inti permasalahan penulis adalah terkait mekanisme penggunaan bot auto click serta bagaimana fatwa MUI NO: 110/DSN-MUI/IX/2017 memandang transaksi tersebut. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui metode wawancara dengan para pihak yang terlibat dalam perjanjian, dan data sekunder diambil dari kitab-kitab Islam yang berkaitan dengan jual beli serta data tersier diperoleh dari artikel, jurnal atau informasi internet yang berkaitan dengan flash sale. Metode analisis yang penulis gunakan adalah metode analisis deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bot auto click pada flash sale ini melanggar rukun dan syarat pada akad salam dan ketentuan flash sale karena ada unsur yang tidak diketahui sehingga berdampak merugikan bagi aplikasi Lazada dan pihak lainnya.

Full Text:

PDF

References


Andjani, B., and Rosando, A. F., 2023, Tinjauan Yuridis Perlindungan Hukum Terhadap Pelaku Usaha Dalam E-Commerce Yang Dirugikan Akibat Dugaan Order Fiktif. Bureaucracy Journal: Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance, 3 (1): 697–723.

Arfani, A. M., 2019, Promo Flash Sale Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Dan Hukum Perjanjian Syariah. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Arfiansyah, H., 2019, Pernikahan Orang Yang Sedang Ihram Dalam Perspektif Imam As-Sarakhsi (Analisis Terhadap Kitab Al-Mabsut). UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Cholik, C. A., 2021, Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi/ICT Dalam Berbagai Bidang. Jurnal Fakultas Teknik Kuningan, 2 (2): 39–46.

Fahria, D., 2019, Penyelesaian Perjanjian Bank Garansi Syariah Akibat Wanprestasi Menurut Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah Dan Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Jannah, Q., 2021, Transaksi E-Commerce Pada Marketplace Tokopedia Dalam Perspektif Fatwa Dsn-Mui Nomor 110/Dsn-Mui/Ix/2017 Tentang Akad Jual Beli.

Listuti, E. M., 2023, Penanggulangan Penyebaran Hoaks Yang Mengancam Keamanan Negara Indonesia Di Dunia Maya Dengan Pendekatan Bela Negara. Jurnal Magister Ilmu Hukum, 8 (1): 16–35.

Nadirah, S. P., Pramana, A. D. R., and Zari, N., 2022, Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mix Method (Mengelola Penelitian Dengan Mendeley Dan Nvivo). CV. Azka Pustaka.

Octavia, L., 2020, Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Promo Pada Jual Beli Online Shopee. Universtas Islam Negeri Walisongo Semarang,.

Putri, O. T., Suryono, A., and Taruno, Y., 2024, Analisa Flash Sale Pada Online Shop Sebagai Bentuk Persaingan Usaha Tidak Sehat Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Aliansi: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1 (3): 280–300.

Rachmadi, K. R., and Arifin, R., 2021, Event Flash Sale Terhadap Keputusan Belanja Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Marketplace Serta Implikasi Pada Kepuasan Konsumen Di Kota Malang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 20 (1): 18–32.

RIA, G., 2022, Pandangan Majelis Ulama Indonesia Provinsi Lampung Tentang Pembatasan Jumlah Pembelian Produk Dalam Flash Sale Shopee. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Rissalah, T. A., and Sulistyawati, L., 2022, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Shopee Di Mojokerto Pada Masa Pandemi. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4 (4): 1137–51.

Riswanto, A., Joko, J., Napisah, S., Boari, Y., Kusumaningrum, D., Nurfaidah, N., and Judijanto, L., 2024, Ekonomi Bisnis Digital: Dinamika Ekonomi Bisnis Di Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Septiningsih, D., and Yahya, I., 2020, Tinjauan Fatwa Dsn Mui No. 110/Dsn-Mui/Ix/2017 Tentang Akad Jual Beli Terhadap Praktik Pembayaran Paylater (Studi Kasus Di Aplikasi Shopee). IAIN SURAKARTA.




DOI: https://doi.org/10.54314/jssr.v7i2.1879

Article Metrics

Abstract view : 47 times
PDF - 10 times