INTERNET OF THINGS (IOT) PENGONTROL HARGA BBM PADA TOTEM SPBU 14.212.272 KISARAN MENGUNAKAN PANEL 10

Septian Yogi, Adi Prijuna Lubis, Risnawati Risnawati

Abstract


Internet of things (IoT) dimana sistem ini digunakan untuk mengatur harga BBM pada totem, dengan panel P10. Tampilan harga BBM akan sesuai dengan naik turunnya harga BBM dengan bantuan smartphone. Dengan mengurangi tingkat kecelakaan kerja dalam pemasangan harga secara manual. tentunya dengan kondisi ini akan membuat pengguna membangun alat otomatisasi harga BBM  di SPBU ini untuk memudahkan jika terjadi kenaikan harga BBM tanpa harus secara manual hanya dengan menggunakan smartphone yang terhubung dengan internet. Sistem ini dibangun dengan menggunakan microcontroller berbasis wifi yaitu NodeMCU sebagai CPU, lalu Input harga berupa angka dengan aplikasi Bylnk yang kita buat yang akan ditampilkan dengan menggunakan panel P10. Pengontrol harga BBM akan bekerja dengan sistem naik turunnya harga BBM agar ditampilkan pada panel  P10 yang dioperasikan oleh smartphone pengguna. Saat pengguna mengetahui informasi kenaikan  harga BBM yang didapat dari PERTAMINA, pengguna akan membuka aplikasi yang kita buat untuk mengupdate harga BBM agar dapat ditampilakan pada totem di SPBU.


Full Text:

PDF

References


Effendi, B., Lubis, A. P., & Taufik, F. (2018). Analisa Listrik Gratis dari Limbah Elektronika. Jurnal Manajemen Informatika Dan Teknik Komputer, 3(2), 72–75.

Rachman, A., Arifin, Z., & Maharani, S. (2020). Sistem Pengendali Suhu Ruangan Berbasis Internet of Things (IoT) Menggunakan Air Conditioner (AC) Dan NodeMCU V3 ESP8266. Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi), 5(1), 19–23.

Rochman, H. A., Primananda, R., & Nurwasito, H. (2017). Sistem Kendali Berbasis Mikrokontroler Menggunakan Protokol MQTT pada Smarthome. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer E-ISSN, 2548, 964X.

Saputra, H., Eska, J., Lubis, A. P., & Manurung, N. (2019). Design a Drink Making Tool Automatic Milk Coffee Based Arduino R3. Journal of Physics: Conference Series, 1339(1), 12041.

Syadza, Q., Permana, A. G., & Ramadan, D. N. (2018). Pengontrolan Dan Monitoring Prototype Green House Menggunakan Mikrokontroler Dan Firebase. EProceedings of Applied Science, 4(1).




DOI: https://doi.org/10.54314/jssr.v4i1.486

Article Metrics

Abstract view : 275 times
PDF - 156 times