Metode MFEP Dalam Meningkatkan Kualitas Penentuan Rekomendasi Ekstrakurikuler

Muhammad Iqbal

Abstract


Salah satu perkembangan teknologi informasi di zaman generasi milenial ini adalah Sistem Pendukung Keputusan. Sistem ini dibangun bertujuan untuk mempercepat pengambilan keputusan dan mempersingkat waktu, akan memerlukan waktu lama juka dihitung/diolah secara manual. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem yang sudah ada untuk memberi efisiensi dan ketepatan terhadap siswa untuk memberikan rekomendasi ekstrakulikuler pada Sekolah Yayasan Pendidikan Aras Kabu Tanjungbalai. Kriteria dan bobot kriteria yang akan menjadi acuan dalam pengambilan keputusan penentuan rekomendasi ekstrakulikuler ini meliputi Minat, Bakat, Prestasi, Pengetahuan dan Kreatifitas. Selanjutnya melakukan perhitugan menggunakan metode MFEP. Penelitian ini memperoleh hasil pilihan ekstrakurikuler panduan suara lebih dominan dibanding dengan pramuka, olahraga dan kesenian.


Full Text:

PDF

References


L. Junaedi, A. S. Cahyono, and A. Muchayan, “Implementasi Multi Factor Evaluation Process (MFEP) untuk Pemilihan Kompetensi Keahlian Calon Siswa SMK Ketintang Surabaya.”

B. H. Yanto and Y. Yunus, “Evaluasi Penentuan Kelayakan Pemberian Subsidi Listrik dengan Metode MFEP,” J. Inform. Ekon. Bisnis, pp. 109–114, Mar. 2021, doi: 10.37034/infeb.v3i3.91.

M. Ikhlas, “PENERAPAN METODE MFEP (MULTIFACTOR EVALUATION PROCESS) DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMILIHAN BIBIT KELAPA SAWIT TERBAIK,” J. Sains dan Teknol., vol. 19, no. 1, 2019.

P. Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Di SDN, K. Komala Dewi, L. Zayyun, and K. Nisa, “Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0.”

“document.”

R. Y. Ningsih, D. Andreswari, and A. Johar, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PEMENANG TENDER PROYEK MENGGUNAKAN METODE MULTI FACTOR EVALUATION PROCESS (MFEP),” 2019. [Online]. Available: http://ejournal.unib.ac.id/index.php/rekursif/.

I. Fazri, “Ikwal Fazri, Penerapan Metode Multi Factor Evaluation Process (MFEP) Pada Penilaian Kinerja Kolektor Dalam Pengumpulan Dana Kredit Sepeda Motor,” J. Sist. Komput. dan Inform. Hal, vol. 2, no. 2, pp. 110–114, 2021, doi: 10.30865/json.v2i2.2449.

M. Ardiansyah, “PENGELOLAAN EKSTRAKULIKULER DALAM PEMBINAAN PRESTASI NON AKADEMIK SISWA DI MADRASAH ALIYAH HIDAYATUL MUBTADIIN SIDOHARJO JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN.”

Ananta, P. Widara, and S. Winiarti, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penilaian Kinerja Pegawai Untuk Kenaikan Jabatan Pegawai Menggunakan Metode Gap Kompetensi (Studi Kasus Perusahaan Perkasa Jaya Compuretail),” J. Sarj. Tek. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 574–583, 2013.

N. Sherly, “Penerapan Metode Profile Matching Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bonus Karyawan ( Studi Kasus : Pt . Sanghyang Seri Persero ),” Sist. Pendukung Keputusan, vol. 1, no. 1, pp. 42–47, 2013.




DOI: https://doi.org/10.54314/teknisi.v2i1.835

Article Metrics

Abstract view : 353 times
PDF - 89 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.