ANALISIS PERBANDINGAN METODE HISTOGRAM EQUALIZATION DAN GAUSSIAN FILTER UNTUK PERBAIKAN KUALITAS CITRA

Muhammad Ikhsan, Supiyandi Supiyandi, Andry Wiranda Hakiki

Abstract


Penelitian ini menjelaskan penggunaan teknik pemerataan histogram dan filter Gaussian yang digunakan untuk meningkatkan kualitas gambar. Peningkatan kualitas gambar adalah salah satu proses pertama untuk meningkatkan kualitas gambar. Peningkatan kualitas gambar diperlukan karena gambar yang dibahas seringkali kualitasnya tidak terlalu terang, seperti berisik, buram, terlalu gelap atau terlalu terang, atau gambar kurang tajam, dll. Gambar yang dimaksud dalam penelitian ini berformat BMP, JPG, dan PNG. Pemburaman gambar dilakukan untuk menekan komponen frekuensi tinggi dan menghilangkan komponen frekuensi rendah. Hasilnya adalah rona terang dan gelap, putih dan hitam, yang seharusnya memuat detail objek, namun masing-masing lebih putih dan cerah. Karena warnanya hitam, detail objeknya hilang sama sekali. Histogram bergeser dan mengelompok di sekitar midtone, sehingga menumpulkan warna pada foto Anda. Pada dasarnya, ini tentang meningkatkan kontras dan menyeimbangkan warna agar tidak terlihat membosankan. Selain itu, noise pada gambar biasanya muncul dalam bentuk variasi intensitas piksel yang tidak berkorelasi dengan piksel di sekitarnya. Peningkatan kualitas gambar mengacu pada membuat fitur tertentu pada gambar menjadi lebih jelas dan tajam, sehingga gambar lebih mudah dikenali dan dianalisis. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa metode histogram dapat digunakan untuk meningkatkan kontras gambar dan meningkatkan kualitas gambar sehingga informasi pada gambar menjadi lebih jelas.

Full Text:

PDF

References


Agusti, D., & Nababan, A. A. (2022). Penerapan Metode Harmonic Mean Filter Dalam Mereduksi Gaussian Noise Pada Citra Digital. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi (JNKTI), 5(3), 565–571.

Arifin, Z., Ariantini, M. S., Sudipa, I. G. I., Chaniago, R., Dwipayana, A. D., Adhicandra, I., Ariana, A. A. G. B., Yulianti, M. L., Rumata, N. A., & Alfiah, T. (2023). GREEN TECHNOLOGY: Penerapan Teknologi Ramah Lingkungan Berbagai Bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Ikhsan Rifki, M., Darta, A., Halim Lubis, A., Siddik Hasibuan, M., Halim Hasugian, A., & Ramadhan, Y. (2022). Pelatihan Pengenalan Aplikasi Berbasis Web Tinkercad Sebagai Media Simulasi Mikrokontroler Pada SMK Taruna Tekno Nusantara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 28(3), 247–254. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/download/37227/pdf

Lubis, D. D. (2021). Perbandingan Metode Contrast Stretching Dan Metode Retinex Untuk Peningkatan Citra Digital. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Mamis, S., Putra, I. N. A. S., Yusa, I. M. M., Aryanto, D., Yasa, N. P. D., Wahidiyat, M. P., Novitasari, D., Jayanegara, I. N., Mutiarani, R. A., & Sutarwiyasa, I. K. (2023). DASAR-DASAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (DKV): Panduan Lengkap Untuk Memasuki Dunia Kreatif Visual. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Mardiana, Y. (2022). -Pengolahan Citra Digital Pada Buah Nanas Menggunakan Metode Linear Discriminant Analisys (LDA). SISKOMTI, 5(2), 1–10.

Marpaung, F., Aulia, F., & Nabila, R. C. (2022). COMPUTER VISION DAN PENGOLAHAN CITRA DIGITAL. PUSTAKA AKSARA.

Mutaqin, G., & Kom, S. (2023). Teknik Penghapusan Kabut Pada Citra Digital. Nas Media Pustaka.

Prawira, Y. (2019). Pengendalian Kualitas Batu Pancing Dengan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Metode Fault Tree Analysis (FTA) di PT. Cahaya Castindo Hasanah Cemerlang. Universitas Medan Area.

Purnama, F., Ikhsan, M., Syah, T., & Hamzah, U. N. (2021). Implementasi Sistem Informasi Reservasi Hotel Syariah di Kota Jambi Berbasis Website pembuatan laporan khususnya untuk menghitung jumlah laporan yang menginap di kurang memberikan layanan yang maksimal kepada tamu hotel karena keterbatasan kamar dan fasil. 1(2), 73–82.

Rahim, R., Supiyandi, S., Siahaan, A. P. U., Listyorini, T., Utomo, A. P., Triyanto, W. A., Irawan, Y., Aisyah, S., Khairani, M., Sundari, S., & Khairunnisa, K. (2018). TOPSIS Method Application for Decision Support System in Internal Control for Selecting Best Employees. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012052

Rijal, S., Barkey, R. A., Nursaputra, M., Ardiansah, T., Tahir, M. A. S., & Radeng, A. K. (2019). Penginderaan Jauh dalam bidang kehutanan. Fakultas Kehutanan, Universitas Hasanuddin.

Sani, R. A. (2022). Inovasi pembelajaran. Bumi Aksara.

SIDEHABI, S. W. (2019). IMPLEMENTASI MESIN PEMILAH BUAH MARKISA BERDASARKAN TINGKAT KEMATANGAN BERBASIS VISI KOMPUTER. Universitas Hasanuddin.

Sinaga, M. (2020). Implementasi Steganografi Menggunakan Metode Spread Spectrum Dalam Pengamanan Data Teks Pada Citra Digital. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Utari, E. L., Ngaisyah, R. D., & Surbakti, H. (2020). Sistem Identifikasi Citra Janin Terhadap Asupan Gizi Ibu Hamil Dengan Menggunakan Metode Sobel Dan Kirsch. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 11(2), 448–461.

Wedianto, A., Sari, H. L., & H, Y. S. (2016). Analisa Perbandingan Metode Filter Gaussian, Mean Dan Median Terhadap Reduksi Noise. Jurnal Media Infotama, 12(1), 21–30. https://doi.org/10.37676/jmi.v12i1.269

Yunianto, I. (2021). TEKNIK FOTOGRAFI, Belajar Daris Basic Hingga Professional. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1–88




DOI: https://doi.org/10.54314/jssr.v7i2.1865

Article Metrics

Abstract view : 113 times
PDF - 69 times